
Tips Memasang Jangkar
dengan Tepat
Membuang jangkar bukan perkara yang mudah. Salah perhitungan bisa berakibat fatal, apalagi jika boat terseret ke lintasan pelayaran atau lokasi yang penuh karang. Bagaimana cara mengatasinya.
Angin Menarik Boat atau Angin Berubah Arah
Hal ini bisa terjadi meski Anda memiliki tipe dan ukuran jangkar yang tepat. Yang terjadi jika jangkar tidak ditempatkan dengan sempurna atau dasarnya kurang baik, lalu angin akan menarik jangkar atau angin berubah arah sehingga jangkar bergeser.
Anda perlu menggunakan dua buah jangkar menyerupai huruf V di bagian depan boat. sehingga jika yang satu tertarik, maka yang lainnya masih bisa mempertahankan posisinya. Menghadapi badai? Tambahkan saja satu jangkar lagi lurus ke depan di tengah-tengah konfigurasi V tadi.
Tingkat Kekencangan Jangkar
Ada tiga tingkat kekencangan dalam menjangkarkan boat. Jika Anda memiliki cukup ruang bagi boat untuk berputar tanpa menghantam apapun, cukup gunakan dua jangkar berkonfigurasi V dengan sudut 140 derajat hingga 180 derajat. Jika ingin mengurangi gerakan boat, aturlah sudut mendekati 180 derajat namun ukuran jangkar yang diperlukan mesti lebih besar. Seting ini menjaga bagian depan (bow) tidak bergeser, tetapi bagian belakang (stern) masih bisa bergoyang.
Namun apabila tidak tersedia ruang bagi boat untuk bergerak karena ada boat lain didekatnya atau ada benda di bawah air, maka tambahkan satu jangkar di bagian belakang. Seting ini membuat boat stasioner tetapi agak kurang nyaman. Alternatifnya jika angin datang dari depan adalah meletakkan satu jangkar tambahan lurus ke depan. Anda bisa menggunakan batang pohon untuk melakukannya.
Jangkar Terangkat Ombak
Jika Anda menseting jangkar pada tingkat kekencangan rendah, misalnya karena tali terbatas, maka Anda bisa terseret meski sudah memasang jangkar kedua. Yang terjadi adalah boat Anda kekurangan panjang tali. Trik untuk menseting jangkar pada perairan yang berombak yaitu mengetahui berapa panjang tambahan untuk mengatasi masalah ini. Menambahkan 20 kaki hingga 30 kaki panjang tali ini bisa membebaskan Anda dari permasalahan.
Hal lain yang perlu diperhatikan ketika menjangkarkan boat pada kondisi ombak yang tinggi adalah apakah jangkar mendapatkan cukup kedalaman pada ombak yang rendah? Tentu saja Anda tidak ingin boat kandas karena melepas jangkar pada perairan yang terlalu dangkal.
Tipe dan Ukuran Jangkar yang Salah
Ketika membeli jangkar pastikan Anda mendapatkan tipe yang tepat untuk kondisi dasar air saat berlayar. Tetapi perlu diingat, membeli jangkar paling tidak yang bagus dan berat untuk masing-masing jenis air.
Angin Menarik Boat atau Angin Berubah Arah
Hal ini bisa terjadi meski Anda memiliki tipe dan ukuran jangkar yang tepat. Yang terjadi jika jangkar tidak ditempatkan dengan sempurna atau dasarnya kurang baik, lalu angin akan menarik jangkar atau angin berubah arah sehingga jangkar bergeser.
Anda perlu menggunakan dua buah jangkar menyerupai huruf V di bagian depan boat. sehingga jika yang satu tertarik, maka yang lainnya masih bisa mempertahankan posisinya. Menghadapi badai? Tambahkan saja satu jangkar lagi lurus ke depan di tengah-tengah konfigurasi V tadi.
Tingkat Kekencangan Jangkar
Ada tiga tingkat kekencangan dalam menjangkarkan boat. Jika Anda memiliki cukup ruang bagi boat untuk berputar tanpa menghantam apapun, cukup gunakan dua jangkar berkonfigurasi V dengan sudut 140 derajat hingga 180 derajat. Jika ingin mengurangi gerakan boat, aturlah sudut mendekati 180 derajat namun ukuran jangkar yang diperlukan mesti lebih besar. Seting ini menjaga bagian depan (bow) tidak bergeser, tetapi bagian belakang (stern) masih bisa bergoyang.
Namun apabila tidak tersedia ruang bagi boat untuk bergerak karena ada boat lain didekatnya atau ada benda di bawah air, maka tambahkan satu jangkar di bagian belakang. Seting ini membuat boat stasioner tetapi agak kurang nyaman. Alternatifnya jika angin datang dari depan adalah meletakkan satu jangkar tambahan lurus ke depan. Anda bisa menggunakan batang pohon untuk melakukannya.
Jangkar Terangkat Ombak
Jika Anda menseting jangkar pada tingkat kekencangan rendah, misalnya karena tali terbatas, maka Anda bisa terseret meski sudah memasang jangkar kedua. Yang terjadi adalah boat Anda kekurangan panjang tali. Trik untuk menseting jangkar pada perairan yang berombak yaitu mengetahui berapa panjang tambahan untuk mengatasi masalah ini. Menambahkan 20 kaki hingga 30 kaki panjang tali ini bisa membebaskan Anda dari permasalahan.
Hal lain yang perlu diperhatikan ketika menjangkarkan boat pada kondisi ombak yang tinggi adalah apakah jangkar mendapatkan cukup kedalaman pada ombak yang rendah? Tentu saja Anda tidak ingin boat kandas karena melepas jangkar pada perairan yang terlalu dangkal.
Tipe dan Ukuran Jangkar yang Salah
Ketika membeli jangkar pastikan Anda mendapatkan tipe yang tepat untuk kondisi dasar air saat berlayar. Tetapi perlu diingat, membeli jangkar paling tidak yang bagus dan berat untuk masing-masing jenis air.
2 komentar:
thank's infonya gan.. sangat bermanfaat..
www.kiostiket.com
Kepada Yth,
PT. Contractor / Supplier, dan Lainnya..
Up. Bapak / Ibu
Pimpinan / Finance Dept Perusahaan
di
Tempat
Dengan Hormat,
Terlebih dahulu perkenalkan kami dari PT. ANUGRAH LUAS JAYA yang bergerak dibidang Marketing penerbitan jaminan Asuransi (Surety Bond), Bank Garansi (Guarantee Bank), Bersertifikat AAUI No.0611 000 8421 dengan Akte pendirian No 152 dan SIUP No 5027-01/1.824.27, Pada kesempatan ini kami bermaksud untuk Menawarkan Penerbitan Jaminan Peng-Coveran Asuransi & Bank Garansi yang di Back-Up Langsung oleh Perusahaan Perbankan & Asuransi (Instansi Pemerintah Maupun Swasta). Adapun jenis jaminan yang kami tawarkan yaitu :
Untuk Kebutuhan Proyek :
Jaminan Penawaran (Bid Bond/Tender Bond)
Jaminan Pelaksanaan (Performance Bond)
Jaminan Uang Muka (Advance Payment bond)
Jaminan Pemeliharaan (Maintenan Bond)
Jaminan Penundaan Pembayaran Bea Masuk (Custom Bond)
KMK, CAR, SP2D, Dukungan Bank, dan jaminan lainnya.
Beberapa Jenis Asuransi Kerugian Umum :
Asuransi Pengangkutan
Asuransi Pengangkutan Barang (Cargo Insurance)
AngkutanMelalui Laut (Marine Cargo)
Angkutan Melalui Darat (Land Cargo)
Angkutan Melalui Udara ( Air Cargo)
Asuransi Rangka Kapal (Marine Hull)
Asuransi Pesawat Terbang (Avition)
Asuransi Rekayasa Teknik (Engineering)
Asuransi Kendaraan (Vehicle Insurance)
Asuransi Kebakaran ( Fire Insurance ) dan asuransi Lainnya.
Kami Terbuka Melayani Semua Jenis Badan Usaha yang ada di Indonesia (Swasta/ BUMN), baik itu dalam bentuk PT, CV, Firma, Koperasi, Ltd, Tbk, Group, dan dalam bentuk lainnya, yang membutuhkan Jaminan Peng-Coveran Asuransi & Bank Garansi. Adapun sebagai Bahan Pertimbangan Bapak/Ibu berikut ini Saya Lampirkan Proposal Penawaranan Penerbitan Jaminan Bank Garansi & Asuransi Tanpa Agunan/ Tanpa Pembekuan Dana (Non Collateral), Proses Cepat dan Biaya Kompetitif Murah. Atas Perhatian dan Kerjasamanya Saya Ucapkan Terimaksih.
Best Regards,
SUGENG PRIADI
PT. ANUGRAH LUAS JAYA
Mobile 0812 - 8705 - 4433
Tlp/Fax. (021) 428 882 59/ 428 882 56
Alamat Jl. Swadaya III No 45 A Cempaka Baru
Kemanyoran, Jakarta Pusat-Indonesia 10640
Posting Komentar